SMUpdate

Wajar, Munculnya Wacana Melaporkan Ketua KPK

Foto : suaramerdeka.com/Hartono Harimurti

Foto : suaramerdeka.com/Hartono Harimurti

JAKARTA,suaramerdeka.com – Pengamat politik yang Direktur Eksekutif Vox Populi Center Pangi Syarwi Chaniago menilai wajar bila muncul wacana dari anggota Komisi III DPR RI yang akan melaporkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo ke Bareskrim Polri, terkait ancaman terhadap anggota Pansus DPR Hak Angket KPK yang akan dijerat pasal menghalangi proses penyidikan yang dilakukan KPK.

“Saya kira wajar, karena tuduhan Ketua KPK yang bilang anggota DPR seolah-olah menghalangi proses penyidikan, itu justru hal yang sangat sensitif. Maka wajar bila ini akan bisa menjadi polemik dan bumerang bagi Ketua KPK. Bisa dianggap Ketua KPK itu abuse of power, karena hak angket terhadap KPK adalah konstitusional dan sah. Dan dari penggalian Pansus, belakangan ini semakin terbuka borok dan kelemahan KPK dalam melakukan penyidikan. Makin keujung ternyata makin membuat KPK panik dan kehilangan kepercayaan diri,” kata Pangi kepada suaramerdeka.com, sore ini.

Menurut dia, kalau KPK tidak ada kesalahan, lalu kenapa risih dan takut dengan hak angket DPR. Seharusnya KPK menghadapi saja hak angket tersebut dengan tenang. Dia menduga Agus panik, karena hak angket DPR terhadap KPK juga menelanjangi ada bau amis institusi KPK, yang dalam memberantas korupsi lebih kental aroma politisnya dan belakangan menjadi lembaga politik. Selain itu, Ketua KPK dengan mengancam juga sudah dapat dinilai bermain opini politis.

“Ini jelas sudah tidak sehat lagi apabila pimpinan KPK sudah bermain di wilayah opini politik. Bisa kacau proses penegakan hukum,” pungkas Pangi. (Hartono Harimurti/SM Network)

Berita Terkait

Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0801 second..