SMUpdate

Seluruh Aparat 19 Desa Kecamatan Merek Karo Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

KARO, suaramerdeka.com – Ratusan perangkat desa yang tersebar di 19 Desa Kecamatan Merek Kabupaten Karo Sumatera Utara berlega hati karena terhitung sejak bulan Agustus 2017 telah menjadi peserta pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Karo Sumatera Utara.

“Untuk seluruh perangkat desa dari mulai kepala desa sampai seluruh perangkatnya telah terdaftar sejak Agustus 2017 dan telah dibayarkan iurannya hingga 17 bulan ke depan,” jelas Camat Merek yang diwakili Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Drs. Thomas Ginting pada acara penyerahan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh Kepala Desa di aula Kantor Camat Merek.

Adapun program yang diikuti adalah , Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua bagi Kepala Desa, sementara untuk aparat desa masih dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. “Karena terbatasnya anggaran, baru dua program untuk Aparat Desa. Ke depan, kami rencanakan untuk ditingkatkan menjadi tiga program, sekaligus pendaftaran BPD,”  jelas Thomas Ginting.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Karo Kabanjahe Sanco Simanullang ST MT mengungkapkan jaminan sosial tenaga kerja bagi para perangkat desa bertujuan untuk peningkatan taraf hidup para perangkat desa.

“Pemberian jaminan sosial ini pada gilirannya mampu meringankan beban para perangkat desa apabila terjadi sesuatu di luar harapan,” ungkap Manullang seraya berharap agar seluruh Kepala Desa di Kabupaten Karo dapat mengikuti langkah maju Kecamatan Merek.

Ditambahkan Manullang, apabila perangkat desa meninggal dunia karena bukan kecelakaan kerja, maka santunan akan diserahkan kepada ahli waris sebesar Rp 24 juta. Bahkan, jelasnya, bila terjadi kecelakaan pada saat bekerja meninggal dunia, BPJS Ketenagakerjaan akan mencairkan Rp 135 juta ditambah beasiswa satu orang anak sebesar Rp 12 Juta.

“Bagi Bapak Ibu Kepala Desa yang akan mendaftarkan warganya dibawah Usia 55 tahun, dengan Iuran Rp 16.800 per orang / bulan,  cukup mempersiapkan Rekap Daftar Nama tenaga kerja per desa disertai Nomor Induk KTP Elektronik, dan silakan mengirimkan ke email kcp.karo@bpjsketenagakerjaan.go.id akan segera kita proses,” tutup Manullang.

(Andika Primasiwi / CN26 / SM Network)

Berita Terkait

Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0688 second..