Career Tips and Tricks

SAAT WAWANCARA, APA AJA SIH YANG DINILAI???

Headline image


1. Knowledge

Pengetahuan adalah aspek yang widely known as hard skills. Aspek ini merupakan akumulasi dari hal yang kita pelajari di bangku kuliah formal. In the job recruitment setting, biasanya yang dinilai mencakup pengetahuan terkait job skills tertentu, pengalaman kerja atau pendidikan dan pelatihan terkait pekerjaan yang pernah diikuti, termasuk how high our interest is to the applied job.

2. Attitude

Here, attitude means segala pendapat, keyakinan, dan perasaan terhadap aspek lingkungan tertentu. Positive attitude sangat diperlukan di tempat kerja karena membantu employee to get the work done, faster & better. Untuk menemukan kandidat with positive attitude, biasaya recruiter akan melihat dari kematangan dalam mempersiapkan karir, keluasan minat, ambisi personal, serta inisiatif dan cara pengambilan keputusan. Apakah masih dipengaruhi oleh orang lain atau dari diri.

3. Behavior

Please, do mind about how will you impress interviewer and be prepared really well. Punya CV bagus dan tahu banyak tentang pekerjaan saja tidak cukup. Pastikan, sebelum wawancara, rencanakan dan bila perlu berlatih terkait physical appearance dan tingkah laku yang akan ditunjukkan di tempat wawancara. Hal ini karena interviewer pun akan menilai cara berpakaian dan jenis pakaian, kerapian diri termasuk rambut, ada tidaknya greetings, cara berjalan dan duduk, termasuk body language yang menujukkan ketegangan.

4. Communication skills

For your information, dari pengakuan beberapa HR, aspek ini bisa dikatakan aspek kunci yang bisa menentukan lolos tidaknya pelamar. Hal yang dinilai dalam aspek ini misalnya tingkat penggunaan kontak mata, lalu cara kita berbicara, apakah tidak jelas dan hanya rambling words atau bisa clear and concise, pemilihan kosakata, termasuk juga cara kita mendengarkan dan mengajukan pertanyaan.

On a side note, company always prefer seseorang yang mungkin tidak terlalu menonjil di satu aspek, but have others adequately daripada orang yang mungkin di aspek knowledge sangat tinggi, tetapi jatuh di aspek lain. The most importhant thing is applicants should have COMPLETE quality.

by: HRD PT BHIMASENA 


Semoga Tips and Tricks kali ini dapat membantu Kamu dalam proses persiapan wawancara pekerjaan.
Buat Kamu yang ingin meningkatkan kemampuan wawancara atau softskill lainnya, bisa banget untuk ikut event-event dari Undip Career Center atau nikmati layanan dari UCC. Semuanya ada di career.undip.ac.id

Career Tips & Tricks lainnya: undip.cc/tipstricks
Salam Sukses Karier!

Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0135 second..