Career Tips and Tricks

3 IMPORTANT STEPS BEFORE YOU DECIDE TO APPLY FOR A JOB

Headline image


1. Prepare

Persiapan di sini maksudnya adalah sebelum melamar di suatu perusahaan, pelajari betul perusahaan tersebut. Hal yang perlu dipelajari mencakup aktivitas yang dilakukan perusahaan tersebut, sektor perusahaan, serta produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Jangan sampai ketika tiba-tiba perusahaan menanyakan pemahaman kita tentang tempat kerja yang kita lamar, kita hanya terdiam atau memberi jawaban yang tidak relevan.

2. Compare 

Selanjutnya cari dan pahami kualifikasi serta deskripsi dari posisi yang diinginkan dan ditawarkan. Bandingkan, kualitas diri saat ini dengan posisi yang diincar. Dari perbandingan tersebut, gali kekurangan apa yang harus segera diperbaiki dan ditingkatkan. Sebagai contoh, jika perusahaan yang disasar termasuk perusahaan multinasional yang dalam kesehariannya berinteraksi dengan bahasa  inggris, maka evaluasi kemampuan bahasa inggris diri sendiri apakah sudah mencukupi atau belum.

3. Low Profile

Menjadi optimis memang salah satu kualitas yang diperlukan. Namun, selalu ingat, jangan kemudian menjadi terlalu optimis dan PD dengan  hal yang sudah ada. Tetaplah bersikap low profile dan tidak berpuas diri. Contohnya, saat perusahaan hanya mensyaratkan hasil tes TOEFL 500, sedangkan hasil tes diri sendiri adalah 560. Jangan kemudian hanya karena hasil yang diperoleh melebih persyaratan,lantas menjadi berpuas diri dan tidak melatihnya.

Oleh: HRD PT BHIMASENA POWER


Semoga Tips and Tricks kali ini dapat membantu Kamu dalam proses persiapan melamar pekerjaan.
Buat Kamu yang ingin meningkatkan kemampuan atau softskill lainnya, bisa banget untuk ikut event-event dari Undip Career Center atau nikmati layanan dari UCC. Semuanya ada di career.undip.ac.id

Career Tips & Tricks lainnya: undip.cc/tipstricks
Salam Sukses Karier!

Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0084 second..