Career Tips and Tricks

PSST...MAU EMAIL LAMARAN KAMU LOLOS SELEKSI? Hal Ini yang Perlu Kamu Perhatikan

Headline image


1. Subjek email

Hindari mengirim email dengan subjek yang tidak jelas, hanya berisi nama atau tulisan "lamaran" saja, apalagi mengosongkannya. Every day, the company will receive tons of emails that need to be sorted. So, to increase your email's chance, tulis subjek  dengan benar, termasuk posisi yang kamu incar. Jika perusahaan telah menentukan formatnya, sebaiknya ikuti saja format tersebut.

2. Body email

Kasus yang paling sering muncul adalah body email yang kosong atau hanya berisi attachment saja. Padahal, hal yang dituliskan di bagian ini menjadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam screening awal. Oleh karenanya, tulis body email secara profesional  dan komprehensif.

3. Alamat email

Don't ever use "alay" email address, such as opieklophekamyu@gmail.com. Selalu usahakan agar alamat email kamu merupakan nama asli. Satu lagi, pastikan bahwa domain email yang digunakan bukan domain perusahaan sebelumnya.

4. Attachment

Di bagian ini, pastikan bahwa berkas yang kamu kirimkan sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan perusahaan. If there's too much file (>10), compress it. Lebih baik gunakan format zip, bukan rar, untuk mempermudah perusahaan membuka file kamu. It's highly recommended if the size of the file is'nt more than 2 MB. Satu lagi, simpan semua dokumen dalam format universal seperti pdf atau jpg.

5. Stay tune in your email

Oleh karena lamaran kerja dikirim lewat email, kemungkinan besar balasan dari perusahaan pun dikirim lewat email pula. Pastikan bahwa gawai kamu sudah tersinkron dengan aplikasi email serta usahakan untuk selalu mengecek inbox email minimal 2 kali sehari. Hal ini agarkamu bisa cepat tanggap jika menerima balasan dan mencegah terjadinya keterlambatan membalas yang terkesan tidak profesional.


Semoga Tips and Tricks kali ini dapat membantu Kamu dalam mempersiapkan email lamaran pekerjaan.
Buat Kamu yang masih kepo-kepo akan ilmu-ilmu lainnya terus pantengin Tips & Tricks dari Undip Career Center dan nikmati berbagai layanan dari UCC. Semuanya ada di career.undip.ac.id

Career Tips & Tricks lainnya: undip.cc/tipstricks
Salam Sukses Karier!

Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0127 second..