Career Tips and Tricks

KESALAHAN PSIKOTES PALING UMUM YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Headline image

Psikotes bisa diakui menjadi sebuah momok menakutkan dalam proses rekrutmen. Tak ayal, kemudian banyak orang yang memutuskan untuk membeli buku atau browsing terkait contoh psikotes sekaligus jawaban (yang katanya bener). Eits, tapi perlu diketahui nih.. gak semua tips & trick di buku atau internet bisa dipercaya loh. There's too much differences between those books information and real psychological analysis. Nah, berikut ini contoh beberapa kesalahpahaman yang sering dijumpai.

1. Tes Kraeplin/Pauli

Pasti pada sering denger mitos kalo pengerjaan tes ini disarankan gimana pun caranya grafik naik atau at least stabil. FYI, this's a big NO. Gak mungkin namanya grafik bakal naik karena sebenernya jeda setiap pindah dirancang semakin dikit lho. Besides, tester bakal tahu kalo kalian ada indikasi curang, curi start, atau ngerjain asal-asalan.They'll take account for all of that.

2. Tes gambar pohon, manusia, dan wartegg

Nah, ini nih jenis tes yang contohnya cukup banyak tersebar di internet. Namun, asal kalian tahu, sekalipun kalian mencontoh gambar dari internet, tester masih tetap bisa ngebedain kualitas kepribadian kalian lho. Ada aspek lain selain konten gambar yang menjadi pertimbangan dalam analisis. So, better find another smart way to fool them.

3. TPA

Jenis tes ini mendominasi dunia percontohan dan pembahasan soal psikotes. Meskipun prediksi soal yang tersebar di buku/internet bisa jadi keluar, tapi harus diingat bahwa tidak semua jawaban di buku/internet sesuai dengan kunci jawaban sebenarnya. Jadi, ada baiknya jawaban yang kita pilih murni dari pilihan kita dan bukan dari mengingat jawaban di contoh soal. Needless to say, mencari contoh soal psikotes memang bukan hal terlarang. Namun, akan lebih bijak jika memanfaatkannya sebagai sarana latihan dan pengasah, bukan sebagai panduan mutlak untuk dihapal jawabannya.

Semoga Tips and Tricks kali ini dapat membantu Kamu dalam membantu proses tes psikotes.
Buat Kamu yang masih kepo-kepo akan ilmu-ilmu lainnya terus pantengin Tips & Tricks dari Undip Career Center dan jangan lupa nikmati layanan dari UCC. Semuanya ada di career.undip.ac.id

Career Tips & Tricks lainnya: undip.cc/tipstricks
Salam Sukses Karier!

Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0093 second..