Career Tips and Tricks

Kamu Wajib Melakukan ini Ketika Mengirim Lamaran Kerja via Email

Halo, semuanya~

Di era teknologi seperti sekarang ini, segala hal menjadi praktis dan cepat. Salah satunya yaitu proses lamaran kerja. Usut punya usut, ternyata masih banyak jobseeker yang masih belum paham bagaimana cara mengirim lamaran kerja yang benar via email.
Nah, Undip Career Center bakal bagi-bagi Tips and Tricks edisi terbaru mengenai permasalahan ini~
Yuk, simak "Kamu Wajib Melakukan Ini, Ketika Mengirim Kerja Via Email" (:

1. Pakai Bahasa Formal


Gunakan bahasa yang formal dan kaidah penulisan sesuai EYD.

2. Perhatikan Etika


Perhatikan etika menulis email, hati-hati dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca.

3. Hindari Penggunaan Alamat Email Alay

Sebaiknya memakai nama email formal, misalnya terdiri atas nama depan dan belakang.

4. Jelaskan Secara Detail

Jelaskan posisi yang kamu lamar, tuliskan di subject dan body email.

5. Format Penulisan Harus Tepat

• Subject harus diisi, misalnya posisi yang dilamar dan nama kamu, atau ikuti aturan perusahaan
• Ada salam pembuka, seperti: “Kepada Yth. Pimpinan HRD PT. XXX”
• Body email jangan kosong, setidaknya berisi: Penjelasan singkat tentang diri kamu, Tujuan melamar kerja, Posisi yang diingingkan, File apa saja yang kamu lampirkan, Hal-hal lain yang perlu diketahui HRD

6. Rapikan file-file attachment dalam satu folder

• Pastikan file lengkap
• Kompresi attachment (RAR, Zip, Dll)
• Ukuran attachment tidak lebih dari 2 MB
• Format file sesuaikan dengan aturan perusahaan (pdf, jpg, doc, dll)

 

Semoga Tips and Tricks ini dapat membantu kamu untuk bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan~
Selain melamar via email, Undip Career Center juga menyediakan fasilitas untuk Apply Online di situs career.undip.ac.id
FREE untuk seluruh anak Undip~ Mudah, cepat, dan tepat!

Career Tips & Tricks lainnya: undip.cc/tipstricks
Salam sukses karir!

Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0322 second..