UNDIP Career Center News

Pembekalan Calon Wisudawan Fakultas Teknik Undip agar Siap Menghadapi Dunia Kerja

Pembekalan Calon Wisudawan Fakultas Teknik Undip agar Siap Menghadapi Dunia Kerja

Pembekalan Calon Wisudawan Fakultas Teknik Undip Periode Oktober 2018 diselenggarakan pada Jumat (26/10) di Aula Teknik Sipil Undip, diikuti oleh beberapa calon wisudawan dan beberapa mahasiswa yang masih menempuh perkuliahan.

Acara diawali oleh pembukaan dan sambutan. Perwakilan Dekan Fakultas Teknik Undip menyampaikan bahwa calon lulusan Undip harus memiliki rasa percaya diri dan pantang menyerah ketika sudah memasuki dunia kerja. Disampaikan pula akan lebih baik jika lulusan berkerja sesuai bidang keilmuan agar dapat menerapkan ilmu yang didapat selama perkulihan.

Materi oleh UCC disampaikan oleh Nurul Syahadatin tentang beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk calon lulusan, diantaranya; menentukan tujuan perusahaan yang diinginkan, mempersiapkan CV, dan memperhatikan penampilan atau grooming. Kompetensi yang dibutuhkan perusahaan meliputi fighting spirit, penguasaan bahasa asing, kemampuan IT, leadership, dan kemampuan komunikasi.

Fighting spirit pada anak muda generasi milenial dirasa masih kurang karena lingkungan sekitar yang membentuk kebiasaan malas dan serba praktis. Kemampuan bahasa asing selain bahasa Inggris juga diperlukan seperti bahasa Mandarin, Korea atau Arab. Kemampuan IT untuk generasi milenial tidak perlu diragukan lagi, minimal dapat mengoperasikan Ms. Office. Leadership atau keterampilan kepemimpinan dapat diperoleh dari organisasi yang diikuti ataupun kegiatan magang yang sudah dilaksanakan. Sedangkan kemampuan dalam berkomunikasi masih perlu banyak dilatih.

UCC selalu memberikan fasilitas yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan alumni Undip. Beberapa fasilitas UCC diantaranya yaitu dapat mengisi CV online, mencari lowongan pekerjaan, apply pekerjaan secara online, serta tes minat bakat yang dapat diakses melalui website career.undip.ac.id.

Harapannya dengan diadakannya pembekalan ini, calon wisudawan dapat mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan memanfaatkan fasilitas dari UCC.

Share this article:  
Back to Top
Sedang memproses... Mohon tunggu...
Loading...
Load time: 0.0093 second..